Sunday, November 18, 2007

WHAT's BRAND?

Brand is a promise, the big idea, the reputation andexpectation that reside in each customer’s mind aboutthe product and/or the company. It is a powerful yetintangible asset. Brand is about making an emotionalconnection. People fall in love with brands. Theytrust them, develop strong loyalties, buy them andbelieve in their superiority. They brand is shorthand.It stands for something and demonstrates it everyday.Branding used to be the exclusive purview of bigconsumer product and institutions.A strong brand means a company of its product willstand out in a densely crowded marketplace.Products are created in the factory. Brands arecreated in the mind.The brand is the nucleus of sales and marketingactivities which result in increased awareness andloyalty when managed strategically.What is a positioning?"…positioning is not what you do to a product.Positioning is what you do to the mind of theprospect. That is, you position the product in themind of the prospect." (Al Ries & Jack Trout)Positioning adalah sesuatu yang Anda lakukan terhadappikiran calon konsumen, yakni menempatkan produk itupada pikiran calon konsumenPositioning becomes the scaffolding on which companiesbuild their brands, strategize their planning andextend their relationships with customers. Positioningtakes into account the mix of price, product,promotion and place (distribution), which are the fourdimensions that affect sales.Each company must determine its position in thecustomer’s mind, considering the needs of thecustomer, the strengths and weakness of the companyand the world competition.Dengan definisi ini Ries-Trout beragumentasi bahwasetiap produk, merek dan perusahaan yang sukses selalumemilki posisi yang kokoh dan unik dibenakpelanggannya."Bahwa perang pemasaran bukanlah terletak di pasar,tapi di benak pelanggan. Perang pemasaran adalahperang untuk merebutkan sejengkal ruang di benakpelangganPendekatan positioning bukanlah dengan menciptakansesuatu yang baru dan berbeda. Akan tetapi, denganmenggunakan apa yang telah ada di dalam pikiran.Mengikat kembali hubungan yang telah ada.Namun bagi MarkPlus&Co. positioning adalah menyangkutbagaimana kita membangun kepercayaan, keyakinan dantrust kepada pelanggan.· Volvo misalnya, memiliki posisi yang kokoh dibenak pelanggan sebagai mobil yang aman· Cocacola memiliki posisi kokoh sebagai "thereal thing" alias cola "yang sesungguhnya"· Domino Pizza memilki posisi yang kokoh dibenak pelanggan sebagai "delivery pizza"· Kalau Kijang mengatakan bahwa positioning-nyaadalah "mobil keluarga", maka sesungguhnya ia sedangmembangun kepercayaan kepada setiap pelanggannya bahwaKijang memang betul-betul mobil keluargaKita mencari solusi bagi permasalah kita bukan didalam suatu produk bahkan bukan dalam pikiran kitasendiri tetapi kita mencari solusi bagi permasalahankita dalam pikiran calon konsumen.What is differentiation?Secara traditional, diferensiasi didefinisikan sebagaiupaya kita merancang seperangkat perbedaan yangbermakna dalam offering (yang ditawarkan) kita.Kata Michael Porter, " A firm differentiates itselffrom its competitors if it can be unique at somethingthat is valuable to buyers."Perbedaan yang kita ciptakan haruslah mendatangkanvalue yangbermakna keapada pelanggan.Diferensiasi adalah bukti dari janji yang Anda berikankepada pelanggan yang tercermin di dalam positioningproduk, merek dan perusahaan Anda.Offering yang kita tawarkan kepada pelanggan tidakharus dipersepsi oeh pelanggan sebagai berbeda, namunharus benar-benar berbeda dalam hal konten atau "apayang Anda tawarkan kepada pelanggan" (what to offer),context atau "bagaimana cara Anda menawarkannya" (howto offer) dan infrastructure-nya atau faktor-faktorpemungkin" (enabler) diferensiasi Anda.· Ayam goreng Kalasan atau Mbo Berek dari yogyamengandalkan diferensiasinya lebih pada konten, yaitukeenakan dan kegurihan rasa ayam gorengnya.· Berbeda dengan Ayam Kalasan dan Mbo Berek,McDonald’s lebih mengandalkan konteks ketimbang kontenkarena rasa ayamnya cenderung biasa tetapi kekuatanMcD terletak pada kemampuan servisnya yang cepat,kebersihan tempat, suasana yang kental family valsenya(tempat bermain anak-anak), dll.· Infrastruktur adalah faktor-faktor pemungkinterealisasikannya diferensiasi konten dan konteks, halini menunjuk pada pembedaan terhadap pesaingberdasarkan kemampuan teknologi, kapabilitas SDM dankepemilikan fasilitas untuk mendukung menciptakandiferensiasi konten dan konteksSyarat diffrensiasi:ValueIsuzu -> IritJawa -> NewstellimgKeunggulanExtra Joss -> SachetKomix -> SachetUnique (tidak mudah dicopy)Telkomsel -> Jarigan yang kuatHonda -> Sales, Sparepart dan service (value chainyang kuat)What is the tagline/slogans?The tagline is a short phrase that captures acompany’s brand essence, personality and positioningand distinguishes it from its competitors.Types of taglinesImperativeCommands action and usually starts with a verbNike -> Just do itHP -> InventApple Computers -> Think DifferentDescriptiveDescribes the service, product, or brand promiseUPS -> Moving at the speed of businessInfinity -> Accelerating the futureGE -> We bring good things to lifeSuperlativePositions the company as best in classBMW -> The ultimate driving machineLufthansa -> There’s no better way to flyDeBeers -> A diamond is a foreverProvocativeThought-provoking; frequently a questionMicrosoft -> Where are you going today?Viagra -> Let the dance beginPhilips -> Let’s make things betterSpecificEstablishes leadership of a categoryVolkswagen -> Drivers wantedeBay -> Happy huntingMinolta -> The essentials of imaging

No comments: